Jumat, 18 April 2014

Memahami tata cara cahaya

 *Pengertian Tata Cahaya
Pengaturan sinar/cahaya lampu untuk menerangi area permainan serta menimbulkan efek artistik.
*Ada 3 komponen cahaya :
Key light               ~ cahaya utama yang berfungsi sebagai penerang pokok/utama.
Fill light                 ~ Cahaya tambahan yang berguna untuk mengisi bagian yang gelap.
Back light             ~ Berfungsi sebagai cahaya tambahan juga, tetapi berguna untuk menciptakan suasana ruang di belakang adegan.
*Reflektor
Merupakan piranti pendukung tata cahaya berfungsi menjadi alat pembias/sebaliknya lebih terfokus. Tata cahaya tidak selalu menghadap ke tokoh, dengan bantuan reflektor komposisi cahaya menjadi lebih merata dan alami. Reflektor biasanya di buat dari alumunium foil yang di tempelkan pada papan/styrofoam.
*Jenis-jenis Pencahayaan
~ Front Lighting                 => Cahaya berasal dari arah depan objek sejajar dengan kamera.
~ Side Lighting                   => Cahaya berasal dari arah samping objek.
~ Hair Lighting                    => Sumber cahaya tepat di atas objek foto.
~  Back Lighting                 => Sumber cahaya membelakangi objek.
*Tujuan Tata Cahaya
> Menyinari dan menerangi pentas dan pameran.
> Membantu melukiskan dekorasi/scaneri dalam menambahkan nilai warna sehingga tercapai adanya sinar dan bayangan yang menonjolkan fungsi informasi.
> Membantu permainan lakon dengan cara membantu suasana kejiwaan.
*Fungsi Tata Cahaya
- Mengungkapkan bentuk sehingga objek yang terkena cahaya akan menampakan bentuk yang wajar, maka dari itu penyebaran sinar harus memiliki tinggi rendah derajat pencahayaan yang memberikan keanekaragaman hasil perbedaan tinggi rendahnya derajat pencahayaan.
- Membuat gambar wajah termasuk cahaya masuk.

*Macam-Macam Sudut Pandang
1. Bird eye view                                : Sudut pandang pada posisi atas menampilkan pola serta detail dari objek jika objek sedang beraktifitas.
2. Frog eye view  : Sudut pandang dari posisi bawah menampilkan kesan objek menjadi lebih tinggi dan besar.
3. Straight eye view           : Sudut pandang lurus dangan objek yang akan di potret. Objek di rekam secara natural dan apa adanya tanpa distrosi.
Pemrograman Web
~Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang merangkum dalam sebuah domain/sub domain yang tempatnya berada dalam www di dalam internet.
~Http adalah Hypertext Transfer Protocol yang memungkinkan bermacam-macam komputer-komputer yang saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar